Mie Ayam Bakso Gajah Mungkur Wonogiri




Kota Wonogiri ini sangat terkenal dengan mie ayam dan baksonya, karena memang memiliki cita rasa yang khas, bahkan di Jakarta banyak sekali penjual bakso yang memakai embel-embel dari Wonogiri. Tapi soal rasa belum tentu seenak aslinya yang ada di Wonogiri. Nama warung salah satu penjual bakso terenak di Wonogiri, yakni “Bakso Gajah Mungkur “. Kenapa pemiliknya menamai Bakso Gajah Mungkur? Karena di Kota Wonogiri memiliki sebuah tempat wisata dan  waduk yang bernama Waduk Gajah Mungkur, yang sangat terkenal.
Basko Gajah Mungkur ini terletak di dekat pasar kota Wonogiri pojok pegadaian. Kalau dari Sukoharjo sampai dipertigaan ke arah Ponorogo dan pusat kota belok ke kanan. Terus saja sampai menemukan pasar, tapi memang harus memutar dulu karena jalan dipasar ini satu arah.
Bakso merupakan makanan yang terbuat dari daging dan tepung yang dibentuk bulat-bulat (pentol), makanan ini memang sangat populer di Indonesia terutama daerah dataran tinggi seperti Wonogiri. Mungkin karena disajikan dengan kuah yang panas sehingga sangat enak dan hangat kalau dimakan didaerah dingin.


Bakso di sini terdiri dari 4 pentol bakso halus, 1 bakso kasar yang ukurannya cukup besar, serta kulit pangsit dan mie kuning dan bihun. Baksonya kenyal dan kuahnya juga enak sehingga boleh dijadikan jujugan (tempat mampir)  bila anda sedang di kota Wonogiri. Dan harganya hanya Rp 10,000 satu porsi.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Adbox

@templatesyard